Sabtu, 01 Februari 2014

Kampung Halaman

Sekali-kali gue mau bahas tentang kota gue boleh kali ya. Nggak besar sih nih kota, terkenal juga gak begitu, disebut primitive juga gak bisa, ramai juga gak terlalu, ya ini lah kota gue. “NGAWI”. Tau nggak? Mayoritas pasti belom tau sama yang namanya Kabupaten Ngawi. Kalaupun tau pasti itu dari berita di tv tentang berita banjir maximal yang bikin ngawi masuk angin kurang lebih 7tahun yang lalu, atau kalau nggak tentang berita ‘ehem’ ketidak lulusan hampir 100% siswa-siswi di salah satu sekolah di Ngawi.

Weits, tapi… di balik berita-berita negatif dan keterbatasan kota Ngawi, kota ini lah tempat gue bertumbuh kembang menjadi embrio, lalu menetas menjadi seorang anak yang ‘beginilah’. Walaupun kota ini nggak ada mall-nya, minim toko buku, kecil mungil (Kalau Ngawi bagaikan martabak, bisa disebut martabak unyil lah /?), bisa dibilang ‘bored city’ lah.

Tapi inget, gara-gara itu semua, Ngawi itu jadi kota yang cocok banget buat lo-lo yang mendambakan ketenangan. Disini anti macet, anti sumpek. Bajir pun jarang, cuma pas 2007 itu doang Ngawi dapet banjir kiriman dari kota sebelah. Alhamdulillah juga jarang banget kena bencana alam yang lain. Disini nih, lo-lo harus tau! Disini kota yang menurut gue dengan harga ‘junk food’ termurah, dengan 9.000 doang lo bisa makan kentucky + nasi + es teh, 11.000 buat chicken steak, dll. What the baik banget coba. Bukan cuma junk food, makanan-makanan daerah macam pecel, tepo, lontong bisa didapat mulai dari cibu alais 1.000 doang. Disini murah-murah banget lah pokoknya.

Ngomong-ngomong tentang remajanya. Disini remajanya bukan berarti ndeso semua ya. Disini asik-asik anaknya. Kalau di dunia remaja cewek setau gue jauh banget sama yang namanya rokok, miras dkk lah. Kecuali lo suka keluar malam buat ngangkring. Nakal atau tidaknya remaja disini tergantung kitanya pinter-pinter cari teman yang baik sih. Tapi disini mudah banget nyari temen yang baik mulai baik aja sampek banget banget. Lo tinggal masuk masjid di SMA lo dan lo bakal nemuin banyak temen yang nggak akan bikin lo gelap.

Tadikan gue bilang, disini nggak ada mall, minim toko buku, kalau pasar banyak, hehehe. Trus kemana gue nongkrong? Gue tinggal ngegas motor aja keselatan, sampe lah gue di kota sebelah ‘Madiun’. Disini gue bisa kongkoi, belanja-belanja, nonton, guling-guling di toko buku. Tapi justru habis pulang dari Madiun masa paling menegangkan. Pasalnya ngenes liat dompet.

Kalau masalah wisata, disini emang nggak ada yang namanya wahana-wahana macam ancol, jatim park, atau tetek bengek yang lain. Walau pun begitu ada lah wisata sejarah semacam, museum trinil, benteng van den bosch. Kalau lo menjelajah kota Ngawi bagian atas, lo bakal nemuin pemandangan yang uwow maximal. Sumpah keren banget, gue sama temen gue pernah nekat jalan-jalan naik motor di suatu desa yang tempatnya lumayan tinggi, disitu jalannya udah bagus tapi ya gitu naik turuh, belak-belok, sempit dan samping kanan kiri itu udah jurang atau sungai. Tapi seru banget, bagus maximal. Nggak kecewa sama sekali udah ngelewatin medan yang menegangkan. Kalau lo beruntung lo bisa nemu durian mateng yang bergelayut manja di ranting saat perjalanan.


That’s all cerita gue tentang Ngawi. Kampung halaman gue yang damai, asri, ramah. Lo lo mesti coba berputualang di Ngawi bagian atas, soalnya disitu bener-bener tempat yang sangar banget bagusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar