Sabtu, 01 Maret 2014

PRESSURE: "JANGAN PAKSA GUE!"


Yap sekarang gue benar-benar ada di situasi yang penuh tekanan. Semua pada tanya “Mau nerusin kemana?”

Dulu, dulu ya… gue dengan pasti jawab “ITS kalau nggak ya UNDIP jurusan Arsitektur.” Sampai pembukaan pendaftaran SNMPTN gue masih yakin sama itu. Tapi makin kesini gue liat raport kok ‘begini’, kok ‘abstrak’, kok ‘gak berbentuk gini’. Galau lah gue, bisa gitu gue masuk Arsitektur ITS atau UNDIP? Secara kata kakak-kakak kelas, Arsitektur itu PG-nya tinggi, biasanya 3 besar tertinggi. Denger gitu gue Cuma bisa ngiler mangap-mangap sampil ketawa gaje -___-

Ini mental breakdown buat gue, pasalnya gue udah terlanjur jatuh cinta sama Arsitektur. Gue pun nyari universitas lain yang PG Arsitekturnya nggak begitu tinggi. Tapi… nggak ada. Yaudah gue putusin di PTS asal Arsitektur pun nggak masalah.

Okey, galau pertama teratasi. Hingga tiba-tiba mama gue bilang gini “Yo, daripada di Arsitektur mending di Teknik Sipil to.” JEGLEEEEER petir di siang bolong. Berhubung gue anak yang sholehah #tsah, gue pun nuruti apa kata mama gue. Padahal dalam hati gue ngomel-ngomel, jerit-jerit histeris -___-

Terus pas kumpul-kumpul sama keluarga yang ada di Solo, mereka bilang gini ke gue “Besok mau kuliah di UNS kamu tak openi lo.” Dalam hati gue bilang “kapan gue berencana ke UNS?”

Gue jawab aja, “Aku nggak jadi ke UNS.”

Tapi denger jawaban gue itu malah bikin di kroyok sodara gue, “Lho kenapa? UNS itu bla bla bla bla…” “Lha yo neh, UNS iku bla bla bla bla…” -____-

Dan sekarang mama gue tiap hari tanya gini, “Put, udah daftar SNMPTN?”

Kalau gue jawab “Belom” Mama gue pasti langsung naikin nadanya “Nunggu apa lagi? Cepet daftar! Mulek kamu!”

Dan gue berusa jelasin ke mama gue “Takut ma, ada temen ku yang…” belom selese kalimat gue, mama gue udah nyamber “Kalau satu sekolah takut trus kapan daftarnya?! Pokok e buruan daftar!” dalam hati gue cuma cengar cengri garing dan bilang “WHAT THE……”

Andai gue bisa tereak kemereka “JANGAN PAKSA GUE! GUE BUTUH SARAN BUKAN PAKSAAN T___T”

Terus siang ini, tante gue ngobrol-ngobrol sama mama gue di rumah. Tante gue bilang “Bela (adek sepupu gue kelas 3 SMP) nanti tak suruh ke Ikatan Dinas aja.”

Duh, jangan paksa anak lo Tan, kasian. Biar  minat dia dimana. Apa lagi nyuruh anak ke Ikatan Dinas, bener emang baik buat karir dia kalau bisa masuk ikatan dinas, tapi nggak tau apa masuk iktan dinas itu lebih sulit dari pada masuk ITB atau UI kalau tuh anak nggak bener-bener pinter.


Trus jangan hina gue gara-gara gue nggak masuk UI atau UGM atau ITB atau Ikatan Dinas. Kalian para orangtua nggak pernah liat daftar perbandingan peminat dan yang diterima di Universitas tersebut, makanya bisa ngeremehin gue. Kalau kalian udah liat, kalian pasti Cuma bisa mangap trus maklumin alasan gue nggak mau ke universitas tersebut =___=

Tidak ada komentar:

Posting Komentar